Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Restoran Kayu Manis Tuban)

Main Author: Wulan, WiraSetyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119287/1/wira_setyo_wulan.pdf
http://repository.ub.ac.id/119287/
Daftar Isi:
  • Strategi pemasaran merupakan alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai target pasar. Salah satu strategi yang sering digunakan yaitu strategi bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion).Namun, pada perusahaan yang bergerak dibidang jasa (restoran) biasannya menggunakan 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) yang biasa disebut sebagai bauran pemasaran jasa.Melalui penerapan bauran pemasaran jasa dalam sebuah bisnis restoran, diharapkan dapat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk mengunjungi restoran, dan juga didapatkannya kepuasan pelanggan.Karena kepuasan pelanggan bisa diperoleh melalui evaluasi persepsi terhadap hasil yang diperoleh setelah konsumsi. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh 1)Variabel Bauran Pemasaran Jasa terhadap variabel Keputusan Pembelian; 2) Variabel Bauran Pemasaran Jasa terhadap variabel Kepuasan Pelanggan; 3)Variabel Keputusan Pembelian terhadap variabel Kepuasan Pelanggan; 4) Variabel Bauran Pemasaran Jasa terhadap variabel Kepuasan Pelanggan melalui variabel Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif.Objek pada penelitian ini adalah pelanggan Restoran Kayu Manis Tuban.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Machin Campbell dan mendapatkan sampel sebanyak 113 orang responden. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan menyebarkan angket kepada pelanggan yang sudah pernah mengunjungi Restoran Kayu Manis minimal satu kali. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil analisis jalur yang diperoleh berdasarkan penelitian ini adalah variabel Bauran Pemasaran Jasa memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian dengan koefisien jalur sebesar 0,733 dengan angka probabilitas 0,00 (p<0,05). Variabel Bauran Pemasaran Jasa memiliki pengaruh signifikan dengan angka probabilitas 0,00 (p<0,05) dan koefisien jalur sebesar 0,409 terhadap variabel Kepuasan Pelanggan. variabel Keputusan Pembelian memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan dengan koefisien jalur sebesar 0,490 dengan angka probabilitas 0,00 (p<0,05). Dan koefisien jalur yang diperoleh dari hasil Indirect Effect sebesar 0,359.Hasil yang diperoleh memiliki kesimpulan bahwa keputusan pembelian berperan dalam hubungan dengan variabel bauran pemasaran jasa dan variabel kepuasan pelanggan restoran Kayu Manis.