Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Untuk Meningkatkan Citra Kota Malang Sebagai Destinasi Wisata Kuliner (Studi Pada UKM Berbasis Kuliner Kota Malang)

Main Author: Agusetyaningrum, Verniaputri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119286/1/SKRIPSI_%2B_FOTO_VERNIA.pdf
http://repository.ub.ac.id/119286/
Daftar Isi:
  • Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis usaha kuliner merupakan suatu sektor usaha yang paling mendominasi di Kota Malang. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis usaha kuliner yang ada di Kota Malang ini diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Malang serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tiga rumusan masalah, yaitu (1) apa saja faktor penghambat dan pendukung yang mempengaruhi strategi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis usaha kuliner untuk meningkatkan citra Kota Malang sebagai destinasi wisata? (2) bagaimana strategi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis usaha kuliner untuk meningkatkan citra Kota Malang sebagai destinasi wisata? (3) bagaimana persepsi wisatawan terhadap produk yang dihasilkan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis usaha kuliner di Kota Malang sebagai destinasi wisata kuliner. Sumber data diperoleh dari informan, observasi, dokumen dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Faktor penghambat yang mempengaruhi strategi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis usaha kuliner di Kota Malang yaitu permodalan, bahan baku, peralatan, sumber daya manusia dan lahan tempat. Faktor pendukung yang mempengaruhi strategi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis usaha kuliner di Kota Malang yaitu perijinan, pelatihan, pemasaran dan paguyuban. Strategi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis usaha kuliner untuk meningkatkan citra Kota Malang sebagai destinasi wisata yaitu pelatihan, perlindungan usaha, pengembangan kemitraan dan pengembangan promosi. Persepsi wisatawan terhadap produk yang dihasilkan oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis usaha kuliner di Kota Malang sebagai destinasi wisata kuliner yaitu dipengaruhi oleh kemasan produk yang ditampilkan dan inovasi produk yang diciptakan oleh pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis usaha kuliner yang ada di Kota Malang. Berdasarkan uraian, peneliti memberi rekomendasi yaitu pihak Pemerintah Kota Malang harus memberikan kemudahan dalam peminjaman modal bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis usaha kuliner serta menyediakan sebuah tempat produksi yang besar dan luas yang dapat digunakan oleh setiap pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis usaha kuliner yang ada di Kota Malang.