Analisis Strategi Pemasaran Perusahaan yang Berorientasi Ekspor dalam Peningkatan Volume Penjualan (Studi pada PT Kharisma Rotan Mandiri di Sukoharjo)

Main Author: Fawaid, Alvian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119277/1/SKRIPSI_ALVIAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/119277/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pemasaran perusahaan dalam peningkatan volume ekspor. Hal ini membuat peneliti ingin mengetahui strategi yang digunakan perusahaan dan keefektifan strategi tersebut. Pada penelitian ini peneliti tertarik pada beberapa hal yang mempengaruhi volume penjualan menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan tiga rumusan masalah yaitu (1) Bagaimanakah cara PT. Kharisma Rotan Mandiri memasuki pasar internasional? (2) Bagaimanakah strategi pemasaran PT Kharisma Rotan Mandiri dalam memasarkan produknya dalam pasar internasional? (3) Bagaimanakah efektifitas strategi pemasaran yang digunakan PT Kharisma Rotan Mandiri memasarkan produknya dalam pasar internasional?. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari lokasi penelitian dan data sekunder yang diperoleh dari website uniquecane.com Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi memasuki pasar internasional yang diterapkan oleh PT Kharisma Rotan Mandiri adalah dengan ekspor. Hal ini dipilih karena biaya produksi di Indonesia lebih murah jika dibandingkan produksi di negara tujuan yang mayoritas adalah Negara di Eropa dan Amerika Serikat. Strategi pemasaran yang dilakukan PT Kharisma Rotan Mandiri telah memenuhi strategi marketing mix atau bauran pemasaran. Hal yang menjadi permasalahan pada bauran pemasaran PT Kharisma Rotan Mandiri adalah strategi promosi penjualan. Perusahaan hanya melakukan promosi penjualan melalui pameran dua kali dalam satu tahun, yaitu nasional dan internasional. Hal tersebut tentunya kurang apabila melihat target volume penjualan yang sangat tinggi. Efektifitas strategi pemasaran pada PT Kharisma Rotan Mandiri tidak tercapai. Kendala yang menjadi tidak tercapainya efektifitas adalah target yang terlalu tinggi dan kurang realistis.