Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsusmen (Survei Pada Konsumen The Body Shop Di Indonesia Dan Di Malaysia)

Main Author: Rahayu, LuhMadePradnyani
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119212/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan dampak dari strategi green marketing terhadap keputusan pembelian baik secara bersama-sama maupun parsial dan juga untuk mengetahui dan menjelaskan perbedaan pengaruh green marketing terhadap keputusan pembelian antara konsumen di Indonesia dan di Malaysia. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Environmental Awareness (X1), Green Product Features (X2), Green Product Price (X3), Green Product Promotion (X4), dan Keputusan Pembelian (Y). Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang berdomisili di Jakarta-Indonesia dan Kuala Lumpur- Malaysia yang merupakan konsumen produk hijau The Body Shop. Total sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 113 orang responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang disebarkan melalui google forms. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan analisis komparatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dan secara parsial antara variabel Environmental Awareness (X1), Green Product Features (X2), Green Product Price (X3), Green Product Promotion (X4) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil analisis uji beda independent t-test menujukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh environemtal awareness, green product features, green product price dan green product promotion terhadap keputusan pembelian antara konsumen di Indonesia dan di Malaysia.