Analisis Dan Desain Sistem Informasi Pemasaran (Studi Pada Sistem Informasi Pemasaran Untuk Promosi Cv. Intan Catering)

Main Author: Taufani, MohKhafid
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119202/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sistem informasi pemasaran yang diterapkan pada CV. Intan Catering dan menganalisis permasalahan terhadap sistem saat ini untuk dilakukan pengembangan berupa desain sistem informasi pemasaran untuk promosi. Penelitian ini dilakukan di bagian pemasaran CV. Intan Catering yang berlokasi di kecamatan Pandaan, Pasuruan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan action research. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa sistem informasi pemasaran pada CV. Intan Catering masih menggunakan model konvensional yang masih memiliki berbagai kelemahan. Kelemahan tersebut diantaranya adalah brosur kurang efektif dan efisien dalam memberikan informasi kepada prospect customer; rekomendasi dari existing customer kurang didukung dengan sumber informasi yang lengkap yang dapat diberikan ketika dibutuhkan; jangkauan pemasaran yang terbatas; komputer dan jaringan yang ada belum dimanfaatkan sepenuhnya sehingga mengakibatkan aktivitas pemasaran tidak berjalan dengan lancar terutama dalam aktivitas mempromosikan produk kepada prospect customer. Desain sistem informasi pemasaran untuk promosi berbasis Web dapat diimplementasikan oleh CV. Intan Catering sebagai upaya untuk mengatasi masalah kontinuitas pemasaran saat ini yang tidak dapat berjalan dengan lancar dalam memberikan informasi mengenai produk yang ditawarkan . Sistem ini juga dapat meraih peluang berupa menarik pelanggan baru yang ada melalui jaringan internet. Sistem ini digunakan untuk mendukung fungsi bisnis pemasaran saat ini supaya dapat berjalan dengan lancar dengan tujuan untuk mengembangkan usaha yang telah dirintis dari kecil agar menjadi besar dimana perusahaan mendapatkan peningkatan order dan penjualan sehingga dapat menolong orang yang belum memiliki pekerjaan di daerah sekitar perusahaan untuk mengurangi jumlah pengangguran.