Pengaruh Biaya Bauran Promosi Terhadap Omzet Penjualan (Studi Kasus Pada Pt Hero Sakti Motor Gemilang Pusat Malang)

Main Author: Saputra, MIrwanTrias
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119185/
Daftar Isi:
  • PT Hero Sakti Motor Gemilang merupakan salah satu dealer Suzuki pusat yang ada di Malang. Dealer Suzuki PT Hero Sakti Motor Gemilang Pusat Malang menjual berbagai macam tipe sepeda motor Suzuki diantaranya matic, bebek, dan sport underbone. Selain penjualan sepeda motor baru PT Hero Sakti Motor Gemilang Pusat Malang juga melayani penjualan spare part resmi sepeda motor Suzuki dan menyediakan jasa service (bengkel). Dalam rangka meningkatkan Omzet Penjualan dan persaingan yang terjadi, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan melaksankan kegiatan bauran promosi meliputi periklanan, penjualan pribadi, promosi penjualan dan hubungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan promosi PT Hero Sakti Motor Gemilang Pusat Malang, serta hubungan dan pengaruh antara biaya bauran promosi terhadap omzet penjualan. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Explanatory Research dan dari segi pengulasan topik penelitian ini tergolong deskriptif. Penelitian ini berlokasikan di PT Hero Sakti Motor Gemilang Pusat Malang di Jl. Jaksa Agung Suprapto No.38 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, korelasi dan regresi linear berganda. Hasil Penelitian ini menjelaskan bahwa biaya bauran promosi PT Hero Sakti Motor Gemilang Pusat Malang mempunyai hubungan sedang terhadap omzet penjualan dengan nilai R sebesar 0,533. Melalui uji regresi linear berganda diperoleh biaya periklanan (X1) berpengaruh negatif terhadap omzet penjualan, biaya penjualan pribadi (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap omzet penjualan, biaya promosi penjualan (X3) dan biaya hubungan masyrakat (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan (Y). Secara parsial/uji t, biaya penjualan pribadi (X2) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap omzet penjualan (Y), hal ini ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 0,503. Karena penjualan pribadi (X2) mempunyai pengaruh paling dominan, sebaiknya PT Hero sakti Motor Gemilang Pusat Malang perlu meningkatkan biaya penjualan pribadi (X2) agar omzet penjualan dapat meningkat secara maksimal.