Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014)
Main Author: | Rosdwianti, MegaKarunia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119176/ |
Daftar Isi:
- Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk pembangunan keberlanjutan perusahaan dengan bertanggungjawab terhadap sosial, ekonomi, dan lingkungan perusahaan akibat dari aktivitas operasional yang dilakukan perusahaan. Profitabilitas merupakan kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba, dengan menggunakan sumber-sumber yang dimiliki perusahaan seperti aktiva, modal, atau penjualan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh CSR terhadap profitabilitas perusahaan pada industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah CSR (X) dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah ROA (Y1), ROE (Y2), dan EPS (Y3). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini terletak di Pojok BEI Universitas Brawijaya yang berada di Jalan MT.Haryono 165 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah 38 perusahaan industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014 dan sebanyak 24 perusahaan dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh siginifikan terhadap ROA, ROE, dan EPS. CSR berpengaruh signifikan terhadap ROA dengan nilai thitung 4,721 pada tingkat signifikansi 0,000 dan nilai koefisien determinasi sebesar 32,6%. CSR berpengaruh signifikan terhadap ROE dengan nilai thitung 5,678 pada tingkat signifikansi 0,000 dan nilai koefisien determinasi sebesar 41,2%. CSR berpengaruh signifikan terhadap EPS dengan nilai thitung -5,003 pada tingkat signifikansi 0,000 dan nilai koefisien determinasi sebesar 14,6%.