Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Motivasi Membayar Pajak (Studi Tentang Respons Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Atas Penerapan Sistem Layanan Drive Thru Dan Delivery Service Pada Kantor Bersama Sis
Main Author: | Habibie, RizkaPujiLestariD |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119155/ |
Daftar Isi:
- Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan salah satu pajak pajak daerah yang termasuk dalam klasifikasi pajak provinsi, Pemerintah Gorontalo berupaya untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah agar mampu mengurangi ketergantungan daerah terhadap pusat. Upaya pemerintah salah satunya dengan memberikan kemudahan wajib pajak kendaraan bermotor dalam melakukan pembayaran PKB melalui sistem layanan drive thru dan delivery service. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanatori (explanatory) dengan pendekatan kuantitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dari penyebaran angket dan data sekunder dari dokumen yang diperoleh ditempat penelitian dan daftar pustaka lainnya. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian ini menggunakan ialah menyebarkan angket kepada 100 responden wajib pajak kendaraan bermotor di Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Gorontalo. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengguanakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda untuk menguji hipotesis melalui uji F (simultan) dan uji t (parsial). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitas Sistem Layanan Drive Thru, Kualitas Sistem Layanan Delivery Service dan Motivasi Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh Kualitas Sistem Layanan Drive Thru dan Kualitas Sistem Layanan Delivery Service terhadap Motivasi Membayar Pajak Kendaraan Bermotor. Berdasarkan hasil yang didapat dalam penelitian ini, terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama (simultan) antara variabel adalah Kualitas Sistem Layanan Drive Thru (X1), Kualitas Sistem Layanan Delivery Service (X2) dan Motivasi Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Y) dengan nilai Sig. F sebesar 0,000 lebih kecil dari Sig. α 0,05 (Sig. F < 0,05). Secara parsial diketahui bahwa variabel Kualitas Sistem Layanan Drive Thru secara parsial berpengaruh tidak signifikan dengan nilai thitung < ttabel atau 0,552 < 1,9847 dengan nilai Sig. > 0,05, sedangkan variabel Kualitas Sistem Layanan Delivery Service (X2) diketahui secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Y) dengan thitung > ttabel atau 9,079 > 1,9847 dan nilai Sig ≤ 0,05.