Inovasi Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Melalui UPTD Pelayanan PBB P-2 (Studi Pada Dinas Pendapatan Kabupaten

Main Author: Yanuartanti, Suci
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119136/1/Suci_Yanuartanti_125030100111168.pdf
http://repository.ub.ac.id/119136/
Daftar Isi:
  • Upaya peningkatan penyediaan pembiayaan atau sumber pendapatan asli daerah, khususnya yang bersumber dari pajak daerah dapat dilakukan dengan peningkatan kinerja pemungutan, penyempurnaan dan penambahan jenis pajak, serta penggalian sumber-sumber penerimaan sektor pajak. Untuk itu pemerintah daerah harus memiliki inovasi yang baik agar dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pajak. Pajak Bumi dan Bangunan merupakan salah satu bagian dari sumber PAD yang cukup memegang peran sentral dan diberikan ruang khusus untuk memberikan pelayanannya. Untuk memberikan pelayanan yang optimal, Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas Pendapatan Kabupaten Tulungagung mengeluarkan sebuah inovasi yaitu berupa pelayanan PBB melalui UPTD Pelayanan PBB P-2 yang tertuang dalam Peraturan Daerah terkait Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan. Inovasi pelayanan melalui UPTD Pelayanan PBB P-2 memang diharapkan dapat mengoptimalkan upaya peningkatan pendapatan dari sektor pajak guna mendukung proses pembangunan berkelanjutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan beberapa teori yang mendukung metode penelitian tersebut, yaitu pelayanan publik, inovasi pelayanan dan keuangan daerah. Fokus penelitiannya yaitu inovasi pelayanan pajak bumi dan bangunan serta dampak setelah adanya inovasi pajak bumi dan bangunan melalui UPTD Pelayanan PBB P-2. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pendapatan Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan inovasi pelayanan pajak bumi dan bangunan melalui UPTD Pelayanan PBB P-2 memberikan kemudahanan kepada masyarakat wajib pajak, hal itu terbukti dari tiga bentuk inovasi pelayanan yang diberikan yaitu bekerjasama dengan Bank Jatim dalam hal pembayaran PBB P-2, pelaksanaan mobil keliling untuk tempat pembayaran PBB P-2 masyarakat wajib pajak di perdesaan dan pengguanaan layanan berbasis SMS yaitu berupa SMS Gateway digunakan untuk pengecekan status pembayaran PBB P-2 sebelum jatuh tempo. Dengan prosedur pelayanan yang mudah dan cepat, sarana prasarana dan fasilitas yang memadai serta kompetensi petuga pemberi layanan yang ahli di bidangnya, membuat masyarakat merasa nyaman dan terlayani dengan baik. Selain itu, pelayanan PBB P-2 melalui UPTD Pelayanan PBB P-2, mampu mempengaruhi partisipasi masyarakat para vii wajib pajak yang berpengaruh terhadap besarnya pendapatan yang masuk ke pemerintah Kabupaten Tulungagung. Namun UPTD Pelayanan PBB P-2 hanya berada di satu tempat yaitu di pusat Kota dan belum menjangkau wajib pajak yang ada disemua wilayah Kabupaten Tulungagung. Berdasarkan hasil penelitian adapun saran yang dapat peneliti berikan yaitu perlu dikembangkan unit baru yang ditempatkan dibeberapa wilayah agar jangkauan semakin luas dan masyarakat dapat menikmati pelayanan pajak bumi dan bangunan yang diberikan melalui UPTD Pelayanan PBB P-2.