Pengaruh Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Ptsp) Terhadap Kualitas Dan Kepuasan Pengguna Layanan Perizinan Di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (Bppt) Kota Bekasi
Main Author: | Anggrayni, Fitria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/119130/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pelayanan perizinan yang masih belum efektif dan efisien serta belum sesuai dengan tuntutan masyarakat. Untuk itu pelayanan perizinan saat ini mulai menggunakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna layanan. Pada penelitian ini menggunakan variabel yang akan dibahas yaitu Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Untuk meningkatkan kualias pelayanan serta tingkat kepuasan pengguna layanan maka diperlukan adanya pengembangan dan perbaikan dalam penyelenggaraan publik, khususnya dalam bidang perizinan. Sehingga dapat dikatakan bahwa semakin baik PTSP maka dapat meningkatkan pula kualitas pelayanan dan kepuasan penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh PTSP terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna layanan secara parsial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan skala likert. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 70 responden dengan menggunakan rumus slovin. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna layanan PTSP dalam bidang perizinan dan non-perizinan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bekasi. Teknik analisis data meliputi: Analisis Data Deskriptif, Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Regresi Linear Sederhana, Koefisien Determinasi, dan pembuktian hipotesis dengan melalui Uji F (Simultan) dan Uji t (Parsial). Hasil uji statistik penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara PTSP terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna secara parsial, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung untuk PTSP terhadap kualitas pelayanan, yaitu thitung > ttabel (9,151 > 1,66767) atau nilai signifikansi t sebesar 0,000 < α = 0,05. Kemudian nilai thitung untuk PTSP terhadap kepuasan pengguna , yaitu thitung > ttabel (7,935 > 1,66767) atau nilai signifikansi t sebesar 0,000 < α = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kesimpulan dari hasil penelitiann ini adalah PTSP berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pengguna. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya ialah untuk mengembangkan peneliyian ini dengan mengganti atau menambah variabel-variabel lainnya diluar variabel yang diteliti dalam penelitian ini.