Strategi Pt Telkom Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Kantor Plasa Telkom Malang)

Main Author: Habrianto, SofandiTri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119103/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini yang dilakukan atas dasar penerapan strategi oleh perusahaan pemerintah PT. Telkom khususnya pada Plasa Telkom Malang untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Diperlukannya Plasa Telkom sebagai penyedia layanan jasa telekomunikasi yang semakin penting penggunaannya. Dalam pelaksanaannya, timbul permasalahan seperti gangguan layanan maupun jangka waktu pelayanan yang lama. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis strategi yang digunakan PT.Telkom dalam pelayanan yang ada di Plasa Telkom Malang untuk menangani setiap permasalahan lamanya waktu pelayanan dan gangguan program layanan. Serta mendiskripsikan dan menganalisis standar pelayanan publik dalam peningkatan kualitas layanan dalam peraturan undang-undang. Ditambah lagi dengan mengidentifikasi dan mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi pelayanan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, obeservasi, dan dokumentasi, untuk selanjutnya dianalisis dengan model interaktif. Hasil penelitian ini berbentuk strategi-strategi yang telah dibentuk PT.Telkom terdiri dari: 1) Corporate Strategy, dengan memberikan visi, misi dan tujuan strategis; 2) Program Strategy, dengan perbaharuan program layanan yang lebih baik; 3) Resource Support Strategy, dengan melakukan perbedaan jenis pelayanan; 4) Institutional Strategy, dengan mengkhususkan pegawai layanan. Selanjutnya, Standar pelayanan publik dalam peningkatan kualitas terdiri dari: 1) prosedur layanan, dengan inovasi program untuk mempermudah layanan; 2) Waktu layanan, dengan memaksimalkan jangka waktu pegawai dalam pelayan; 3) Biaya pelayanan dengan ikut sertaan badan pemerintah; 4) Produk layanan, dengan inovasi tambahan untuk produk layanan. Faktor pendukung dan penghambat yaitu: 1) faktor pendukung, dengan adanya campur tangan pemerintah; 2) faktor penghambat, dengan adanya pesaing-pesaing dalam jasa telekomunikasi. Saran yang diberikan adalah Plasa Telkom seharusnya lebih memaksimalkan pelayan terhadap publik dengan menggunakan teknologi yang ada. Pelayanan berbasis media online dilihat peneliti sebagai jalan keluar untuk permasalahan lamanya penanggapan gangguan. Dengan memaksimalkan sumber daya manusia dan teknologi media online akan memberikan kualitas pelayanan yang lebih baik kepada publik.