Kualitas Pelayanan Publik Di Wilayah Kelurahan Kandangan Sebagai Penggabungan Dari Kelurahan Kandangan Dan Kelurahan Klakah Rejo, Kecamatan Benowo, Kota Surabaya

Main Author: Manalu, LoelisaLintangNazara
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119101/
Daftar Isi:
  • Kualitas pelayanan publik di Kelurahan Klakah Rejo sebelum digabungkan sudah memadai karena kebutuhan pelayanan masyarakat terakomodasi dengan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) yang seimbang. Secara fisik bangunan kantor Kelurahan Klakah Rejo kurang nyaman digunakan dan sarana kesehatan juga minim. Berbeda dengan kualitas pelayanan publik di Kelurahan Kandangan tidak optimal karena kebutuhan pelayanan masyarakat kurang terakomodasi dengan jumlah SDM yang tudak mendukung. Namun secara fisik bangunan kantor Kelurahan Kandangan nyaman digunakan serta sarana pendidikan dan kesehatan terpenuhi dengan baik. Dengan beberapa kondisi tersebut, kedua kelurahan ini saling melengkapi jika digabungkan menjadi satu kelurahan untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. Setelah Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2013 tentang Penggabungan Kelurahan diterbitkan maka Kelurahan Klakah Rejo dan Kelurahan Kandangan digabungkan menjadi Kelurahan Kandangan yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas pelayanan publik sebelum dan sesudah penggabungan Kelurahan Klakah Rejo dan Kelurahan Kandangan, faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan publik di Kelurahan Kandangan yang baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan analisis data model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan publik di Kelurahan Kandangan setelah digabungkan sudah semakin optimal. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan publik di Kelurahan Kandangan adalah beberapa petugas masih kurang paham dalam mengoperasikan alat bantu pelayanan berbasis online yang disediakan, masyarakat masih kurang responsif, dan kondisi fisik lingkungan untuk mencapai kantor Kelurahan Kandangan masih buruk