Strategi Pengembangan Pariwisata Melalui Konsep City Branding (Studi Pada Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Dan Dinas Perekonomian Dan Pariwisata Kabupaten Tuban)

Main Author: Budianti, AmilahDita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119097/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengangkat tentang konsep city branding yang diterapkan oleh pemerintah Kabupaten Tuban dalam pengembangan pariwisata, khususnya wisata religi dengan city branding “Tuban Bumi Wali”. Permasalahan yang diangkat menyangkut strategi branding yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban guna memperbaiki citra daerah dan meningkatkan jumlah kungjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta menggunakan teori ilmu administrasi publik, teori strategi, teori branding dan teori pariwisata. Fokusnya adalah strategi pemerintah Kabupaten Tuban dalam membangun city branding untuk pengembangan pariwisata.Lokasi penelitian adalah Kabupaten Tuban dengan situs di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban. Sumber data berasal dari sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan peneliti sebagai instrument utama. Sedangkan data yang diperoleh dianalisa menggunakan model analisa data Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa strategi branding yang diterapkan oleh pemerintah Kabupaten Tuban meliputi beberapa tahap; mapping survey dengan elemen brand identity, brand positioning, dan brand image, kemudian competitive analysis, blue print dengan elemen nama, logo, tagline (slogan), dan brand story, dan yang terakhir adalah implementation dengan elemen consistency, clarity, continuity, visibility, authenticity. Akan tetapi masih belum ada penjelasan lebih lanjut bagaimana city branding tersebut akan dijalankan serta belum adanya peraturan yang jelas atau legal formal yang dikeluarkan pemerintah untuk menguatkan city branding dan keberlanjutan city branding apabila terjadi pergantian struktur pemerintahan. Secara normatif, perlu adanya aturan tertulis tentang city branding “Tuban Bumi Wali” sebagai acuan pelaksanaan branding untuk pengembangan pariwisata maupun pembangunan daerah Kabupaten Tuban. Selain itu, guna menarik wisatawan dan pengembangan pariwisata di Kabupaten Tuban, perlu diadakan sebuah inovasi pariwisata berupa program paket wisata yang menggabungkan beberapa objek wisata dalam satu kali periode berwisata.