Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian Impulsif di Distro 3Second Cabang Mall Olympic Garden Malang)

Main Author: In`am, MFatkhul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/119072/1/SKRIPSI_ANALISIS_FAKTOR-FAKTOR_YANG_BERPENGARUH_TERHADAP_PEMBELIAN_IMPULSIF.pdf
http://repository.ub.ac.id/119072/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang membentuk terjadinya Pembelian Impulsif, untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari faktor-faktor yang terbentuk terhadap Pembelian Impulsif, dan untuk mengetahui faktor yang dominan dalam mempengaruhi Pembelian Impulsif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 116 orang responden yang melakukan pembelian impulsif pada distro 3Second di Mall Olympic Garden Malang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis faktor, dan analisis regresi linier berganda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah perilaku konsumen yang mengenai pembelian impulsif. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh dua faktor, faktor internal dan faktor eksternal. faktor internal yaitu Shopping Lifestyle dan Motivasi Belanja Hedonis, sedangkan faktor eksternal yaitu Store Atmosphere dan Kelompok Referensi. Pembelian Impulsif, sebagai variabel dependen dalam penelitian ini. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa dari keempat variabel yang diteliti, terbentuk menjadi 5 faktor yang merupakan faktor-faktor pembentuk Pembelian Impulsif, faktor-faktor tersebut yaitu Store Atmosphere, Shopping Lifestyle, Kelompok Referensi, Kepercayaan Merek, dan Motivasi Belanja Hedonis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa faktor-faktor yang terbentuk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Pembelian Impulsif, dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,578 dan nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,334 atau 33,4% serta Fhitung sebesar 11,026 dengan tingkat signifikansi 0,000. Faktor Store Atmosphere merupakan faktor yang dominan mempengaruhi Pembelian Impulsif dengan nilai (B) 0,965. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran bagi pihak perusahaan agar lebih meningkatkan kenyamanan suasana toko pada distro 3Second seperti kebersihan, tata letak produk, penataan cahaya, serta musik dan aroma dalam toko. Selalu meningkatkan konsep dan desain produk yang modern dan trendy, selalu mengikuti perkembangan dunia fashion. Mempertahankan citra merek yang baik.