Analisis Pemberian Kredit Untuk Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi Pada Divisi Community Development Center (Cdc) Pt Telekomunikasi Indonesia, Tbk Sub Area Malang Periode 2013-2014)
Main Author: | Wulandari, RizkiPutri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118977/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan atas dasar Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) yang dilaksanakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), Tbk. Sub Area Malang. Pada periode 2013-2014 terjadi tingkat kredit bermasalah yang cukup tinggi, untuk menghindari hal tersebut maka pihak CDC PT Telkom membutuhkan suatu pemberian kredit untuk meminimalisir kredit bermasalah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah penelitian deskriptif. Analisis data yang dilakukan adalah dengan menganalisis prosedur pemberian kredit yang diterapkan dalam meminimalisir kredit bermasalah, pengawasan kredit dan tingkat kredit bermasalah pada periode 2013- 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pemberian kredit pada divisi Community Development Center (CDC) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Sub Area Malang periode 2013-2014 telah dilaksanakan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaan survey hanya dilakukan pada calon mitra binaan yang sebelumnya pernah mengajukan pinjaman tidak dilakukan survey. Belum ada upaya yang dilakukan dalam pengawasan kredit kunjungan hanya dilakukan pada mitra binaan yang mengalami keterlambatan dalam membayar angsurannya. Faktor-faktor penyebab terjadinya kredit bermasalah, yaitu mitra binaan mengalami musibah, adanya penyalahgunaan pinjaman dan beberapa mitra binaan yang tidak sempat disurvey. Upaya pencegahan yang disarankan untuk mencegah terjadinya kredit bermasalah, yaitu: Outbond call, pemberian surat peringatan, pemeriksaan langsung, rescheduling, reconditioning, dan pengajuan eviden piutang bermasalah.