Pengaruh Iklan Secara Online Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Mahasiswa Pengguna Produk Telkomsel Internet 4g Lte)

Main Author: Prasetyo, DeniDwi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118971/
Daftar Isi:
  • Seiring berkembangnya zaman, konsumen semakin cerdas, berpengetahuan luas serta sangat mudah dalam mendapatkan informasi, dimana segala macam barang atau produk dapat dengan mudah diketahui secara lengkap informasinya. Keputusan pembelian konsumen dipengaruhi oleh cara pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan pada konsumen, yang salah satunya melalui media iklan online. Media online dinilai sangat layak untuk media promosi beragam jenis produk kebutuhan masyarakat dengan keberagaman yang menarik dan mudah dipahami. Saat ini konsumen cenderung memilih segala hal yang mudah simpel atau mudah digunakan serta berbasis digital. Teknologi smartphone saat ini juga semakin canggih dan mempermudah akses internet bagi masyarakat di era modern saat ini, utamanya bila didukung dengan konektivitas 4G LTE. Mahasiswa merupakan konsumen yang bisa menilai iklan melalui media online tentang layanan Telkomsel Internet 4G LTE secara obyektif dan menjadi pangsa pasar produk Telkomsel Internet 4G LTE. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi seberapa besar pengaruh iklan yang dapat membantu memperlancar telekomunikasi masyarakat terkait dengan penggunaan media internet berbasis data yaitu Telkomsel Internet 4G LTE melalui media iklan secara online, dalam keputusan pembelian konsumen di kalangan mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2012. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini ialah mahasiswa program S-1 jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya angkatan 2012 yang pernah menonton iklan serta menggunakan produk Telkomsel Internet 4G LTE melalui media online. Teknik sampling yang digunakan adalah metode non probability sampling dengan teknik insidental sampling. Data diperoleh dengan kuesioner dan dianalisis secara statistik melalui analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial keempat variabel iklan secara online yaitu isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3), dan sumber pesan (X4) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap struktur keputusan pembelian (Y). Hasil analisis ini juga dibuktikan bahwa variabel sumber pesan (X4) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Hal ini dapat ditunjukkan dengan thitung sebesar 4,660 serta nilai signifikansi sebesar 0,000. Adapun keempat variabel bebas yaitu isi pesan (X1), struktur pesan (X2), format pesan (X3), dan sumber pesan (X4) secara keseluruhan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu struktur keputusan pembelian (Y), hal ini dibuktikan dari nilai f hitung sebesar 21,417 dengan sig f hitung 0,000. Diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,689 yang artinya terdapat hubungan yang kuat antara variabel isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan terhadap keputusan pembelian.