Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Yang Menggunakan Jasa Go-Jek)

Main Author: Raiza, Azzadina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118968/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelasakan pengaruh Variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Sikap (X4) terhadap Variabel Keputusan Pembelian (Y) secara bersama-sama dan parsial. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 116 responden dengan komposisi yang terdiri dari mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS for Windows ver 18.0. Hasil pengujian hipotesis diketahui Sig. F ≤ α (0,000 ≤ 0,05) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari Variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Sikap (X4) terhadap Variabel Keputusan Pembelian (Y). Selain itu juga diketahui sig. t ≤ α (0,000 ≤ 0,05) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan secara parsial dari Variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Sikap (X4) terhadap Variabel Keputusan Pembelian (Y). Nilai Adjusted R square sebesar 0,529 atau 52,9%. Artinya bahwa Variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Sikap (X4) memberikan kontribusi terhadap Variabel Keputusan Pembelian (Y) 52,9%, sedangkan sisanya 47,1% Variabel Keputusan Pembelian (Y) akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada perusahaan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan dan alur sistem informasi dengan pembelajaran yang lebih baik untuk pengguna Go-jek, karena variabel tersebut mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Peneliti juga berharap agar hasil penelitian ini dapat memberikan berbagai kontribusi positif untuk PT Go-jek Indonesia agar dapat meningkatkan kinerja secara signifikan.