Pengaruh Atmosfer Toko Dan Promosi Penjualan Terhadap Shopping Emotion Dan Pembelian Tidak Terencana (Survei Terhadap Konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang)

Main Author: Aini, QuratulNur
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118961/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan: (1) pengaruh Atmosfer Toko terhadap Shopping Emotion;(2) pengaruh Promosi Penjualan terhadap Shopping Emotion;(3) pengaruh Shopping Emotion terhadap Pembelian Tidak Terencana;(4) pengaruh Atmosfer Toko terhadap Pembelian Tidak Terencana;(5) pengaruh Promosi Penjualan terhadap Pembelian Tidak Terencana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 102 responden yang merupakan konsumen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden Malang dengan menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Atmosfer Toko (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Shopping Emotion(Y1), (2) Promosi Penjualan (X2) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Shopping Emotion(Y1), (3) Shopping Emotion(Y1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap Pembelian Tidak Terencana (Y2), (4) Atmosfer Toko (X1) berpengaruh signifikan dan negatif terhadap Pembelian Tidak Terencana (Y2), pengaruh tidak langsung melalui Shopping Emotionberpengaruh signifikan dan positif, (5) Promosi Penjualan berpengaruh signifikan dan positif terhadap Pembelian Tidak Terencana baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Shopping Emotion. Dengan demikian, Manajemen Giant Hypermarket Mall Olympic Garden sebaiknya mempertahankan dan meningkatkan indikator atmosfer toko yang telah dinilai baik oleh konsumen agar konsumen merasa nyaman dan senang saat berbelanja, sehingga dapat meningkatkan pembelian tidak terencana.