Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Sikap Dan Niat Pembelian Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Di Rumah Makan Kimbap Rina Malang)

Main Author: Zahra, NadiastikaHayyuna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118958/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh variabel Kelompok Acuan terhadap variabel Sikap; (2) pengaruh variabel Kelompok Acuan terhadap variabel Niat Pembelian; (3) pengaruh variabel Kelompok Acuan terhadap variabel Keputusan Pembelian; (4) pengaruh variabel Sikap terhadap variabel Niat Pembelian; (5) pengaruh variabel Sikap terhadap variabel Keputusan Pembelian; dan (6) pengaruh variabel Niat Pembelian terhadap variabel Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah konsumen yang sedang melakukan pembelian di rumah makan Kimbap Rina dan mendapatkan rekomendasi dari kelompok acuan. Menggunakan teknik purposive sampling, rumus Machin dan Champbell diaplikasikan untuk menghitung penarikan jumlah sampel, dengan hasil sebesar 116 orang responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data secara deskriptif dan path analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel Kelompok Acuan (X) secara langsung memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Sikap (Y1); (2) variabel Kelompok Acuan (X) secara langsung memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Niat Pembelian (Y2); (3) variabel Kelompok Acuan (X) secara langsung tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y3); (4) variabel Sikap (Y1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Niat Pembelian (Y2); (5) variabel Sikap (Y1) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y3); dan (6) variabel Niat Pembelian (Y2) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y3).