Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel Yang Telah Mengunjungi Destinasi Wi

Main Author: Suwarduki, PuspaRatnaningrum
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118957/
Daftar Isi:
  • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk memperkenalkan merek pariwisata Indonesia. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merangsang terjadinya komunikasi electronic word of Mouth antar wisatawan melalui media sosial instagram. Komunikasi electronic word of mouth yang terjadi diakui dapat menanamkan citra destinasi di benak wisatawan sehingga dapat menumbuhkan minat dan keputusan wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Destinasi wisata Indonesia serta dampaknya pada Minat dan Keputusan Berkunjung. Survei dilakukan pada 113 followers aktif akun instagram Indtravel yang merupakan wisatawan lokal dan pernah mengunjungi destinasi wisata di Indonesia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan path analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Citra Destinasi; 2) Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung; 3) Electronic Word of Mouth berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Berkunjung; 4) Citra Destinasi berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung; 5) Citra Destinasi berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Berkunjung; 6) Minat Berkunjung berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth melalui media sosial instagram merupakan salah satu cara yang efektif untuk membentuk citra destinasi dan menarik minat wisatawan sehingga dapat mempengaruhi keputusan berkunjung. Namun demikian, bagi wisatawan domestik merek destinasi wisata Indonesia merupakan faktor terakhir yang diperhitungkan oleh wisatawan lokal dalam menentukan keputusan berkunjung.