Pengaruh Nilai Utilitarian dan Nilai Hedonik terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Membeli dan Menggunakan iPhone)
Main Author: | Fuadiyah, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118751/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama dan parsial variabel Nilai Utilitarian (X1) dan Nilai Hedonik (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y), serta untuk mengetahui variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori atau penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang membeli dan menggunakan iPhone dengan sampel sebanyak 113 orang responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan nilai F hitung > F tabel (21,293 > 3,08) dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Nilai Utilitarian (X1) dan Nilai Hedonik (X2) memiliki pengaruh bersama-sama secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara parsial variabel Nilai Utilitarian (X1) menunjukkan nilai t hitung > t tabel (2,719 > 1,981) dan signifikansi sebesar 0,008 < 0,05, sedangkan variabel Nilai Hedonik (X2) menunjukkan nilai t hitung > t tabel (3,806 > 1,981) dan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Nilai Utilitarian (X1) dan Nilai Hedonik (X2) memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan perhitungan koefisien beta dapat diketahui variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y) adalah variabel Nilai Hedonik (X2). Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah variabel Nilai Utilitarian (X1) dan Nilai Hedonik (X2) memiliki pengaruh signifikan secara bersama-sama dan parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Nilai Hedonik (X2) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian (Y).