Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced Scorecard untuk Menilai Tingkat Kesehatan

Main Author: Damanik, YessyKartika
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118745/
Daftar Isi:
  • Pengukuran kinerja merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh suatu perusaahan untuk menilai secara periodik efektivitas operasional suatu perusahaan, dan personelnya, berdasarkan sasaran, standar, dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya. Balanced Scorecard merupakan sebuah sistem manajemen strategis yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan. Pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard memberikan hasil pengukuran yang lebih menyeluruh karena kinerja diukur dengan menggunakan empat perspektif, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Pengukuran kinerja yang dilakukan suatu perusahaan dapat menunjukkan bagaimana pelaksanaan operasional dan kesehatan usaha perusahaan. Penilaian kesehatan usaha pada perusahaan terutama perusahaan BUMN telah ditentukan oleh pemerintah yang tertuang dalam Keputusan Menteri BUMN Nomor 100 tahun 2002 yang mengatur tentang Penilaian Tingkat Kesehatan BUMN. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja perusahaan dan tingkat kesehatan perusahaan berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor 100 tahun 2002 pada PT.PLN (Persero) APJ Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif, sehingga diharapkan analisis penilaian kinerja dengan menggunakan metode Balanced Scorecard untuk menilai kesehatan usaha BUMN ini mampu membantu PT.PLN (Persero) APJ Malang untuk menganalisis kemungkinan adanya beberapa strategi yang perlu diperbaiki atau diperbaharui agar dapat menjaga/meningkatkan tingkat kesehatan usaha perusahaan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengukuran kinerja pada PT.PLN (Persero) APJ Malang tahun 2013-2015 sudah baik meskupun belum stabil. Hal ini dibuktikan dengan perolehan total skor penilaian kinerja pada tahun 2013 sebesar 83.24, tahun 2014 sebesar 84.11 dan pada tahun 2015 sebesar 81,54. Sehingga dapat disimpulkan bahwa usaha PT.PLN (Persero) APJ Malang sehat dengan kategori AA berdasarkan Keputusan Menteri Nomor 100 tahun 2002.