Perencanaan Strategis Dinas Perhubungan Kota Malang Dalam Optimalisasi Penerimaan Retribusi Parkir
Main Author: | Suryapuspita, Merintha |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118721/ |
Daftar Isi:
- optimalisasi penerimaan retribusi parkir ini dilakukan berdasarkan masih banyaknya tempat parkir yang dapat dioptimalkan dan tidak singkronnya antara strategi yang telah dibuat oleh Dinas Perhubungan dengan apa yang terjadi di lapangan. Tidak optimalnya penerimaan dari retribusi parkir ini juga disebabkan karena tidak seimbangnya setoran parkir yang ditetapkan oleh Dinas Perhubungan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam menganalisis data penelitian, peneliti mengacu pada metode yang dikemukakan oleh Fredi Rangkuti yaitu analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini, bahwa Dinas Perhubungan memiliki Strategi yang telah dilakukan yaitu setiap hari juru parkir harus setor ke Dinas Perhubungan, Dinas Perhubungan selalu mengawasi juru parkir secara langsung, dan Dinas Perhubungan mengadakan sosialisasi untuk juru parkir. Dalam pelaksanaan strategi oleh Dinas Perhubungan terdapat kendala-kendala yang terjadi, yaitu tidak adanya patokan dalam menetapkan besarnya setoran disetiap titik parkir, hujan deras disertai angin membuat juru parkir tidak mau setor, juru parkir tidak hanya setor ke Dinas Perhubungan saja, dan ruko atau pertokoan yang telah tutup tidak melapor kepada Dinas Perhubungan. Untuk mengetahui perencanaan strategis Dinas Perhubungan sebagai rekomendasi strategi yang dapat digunakan oleh Dinas Perhubungan ditemukan faktor internal dan faktor eksternal. Setelah tahapan diatas maka dihasilkan rekomendasi strategi yaitu mengoptimalkan kerjasama tim antar pertugas Dinas Perhubungan Kota malang khususnya bidang perparkiran untuk meningkatkan pendapatan sektor parkir, meningkatkan Sumberdaya Manusia dan sistem kelembagaan di bidang perparkiran, menegakan peraturan tentang pelaksanaan parkir untuk mengurangi kecurangan yang dilakukan oleh juru parkir dan meminimalisir pelayanan parkir yang kurang baik.