Pengembangan Sumber Daya Aparatur Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang)

Main Author: Sicka, RlinaRahmaYudiana
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118688/
Daftar Isi:
  • Upaya Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang untuk memberikan pelayanan yang terbaik tersebut didukung oleh pengembangan aparatur yang terdapat pada instansi. Bentuk-bentuk pengembangan tersebut yaitu berupa metode on the job dan off the job, upaya nyata yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang yaitu antara lain pelaksanaan rotasi jabatan, latihan instruksi pekerjaan, kegiatan magang, pendidikan dan pelatihan, Vestibule Training, program-program eksekutif dan presentasi video. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan sumber daya manusia pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. (2) ntuk mendeskripsikan dan menganalisis tingkat prestasi kerja pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, untuk menggambarkan situasi dan kondisi atau suatu kejadian di lapangan sesuai dengan apa adanya. Sumber data: 1) primer 2) sekunder. Teknik pengumpulan data 1) wawancara 2) dokumentasi 3) observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang melalui (1) Metode On The Job, intinya adalah para pegawai harus bisa belajar dari pegawai lain, pimpinan mengarahkan pada pegawai tentang cara kerja yang baik, menempatkan pegawai baru sebagai asisten yang lebih tinggi dan menugaskan pegawai tertentu dalam suatu organisasi. 2) Metode Off The Job, dengan mengikutsertakan pegawainya mengikuti pendidikan dan pelatihan, memberikan kesempatan pada pegawainya mengikuti pendidikan formal ke jenjang yang lebih tinggi. Tingkat Prestasi Kerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang: 1) Kuantitas, yaitu penyelesaian suatu pekerjaan sangat bergantung pada kemampuan pegawai dalam menyelesaikannya, kuantitas pekerjaan itu bisa dilihat ketika pegawai memahami cara mengerjakannya maka akan selesai sesuai dengan diskripsi pekerjaan yang telah ditetapkan. 2) Kualitas, yaitu kualitas pekerjaan di BKD apabila pekerjaan yang dikerjakan sudah sesuai dengan ketentuan yang ada. Secara umum pegawai di BKD kota Malang sudah pernah melaksanakan tugas-tugas serupa sehingga dapat dilakukan sesuai ketentuan. 3) Ketepatan Waktu, yaitu suatu pekerjaan ada yang memang berdiri sendiri artinya dapat dengan mudah diselesaikan oleh seorang pegawai secara mandiri tetapi ada juga pekerjaan yang harus menunggu pekerjaan sebelumnya selesai, artinya pekerjaan tersebut baru dapat dilaksanakan setelah pekerjaan sebelumnya selesai sehingga apabila ada hambatan dipekerjaan sebelumnya tentu berdampak pada terhambatnya pekerjaan selanjutnya.