Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kemanfaatan terhadap Minat Berperilaku dalam Menggunakan Layanan E-journal Perpustakaan Universitas Brawijaya Pendekatan Model TAM (Technology Acceptance Mod
Main Author: | Pradana, DittoBagus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118670/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat berperilaku dalam menggunakan layanan e-journal Perpustakaan Universitas Brawijaya (UB) dengan mengadaptasi model Technology Acceptance Model (TAM) yang diajukan oleh Davis (1989). Penelitian ini dilakukan di bagian ruangan layanan multimedia Perpustakaan Universitas Brawijaya dan memperoleh responden sebanyak 100 orang yang pernah atau kebetulan sedang mengakses e-journal di Perpustakaan UB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan analisis teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan dan persepsi kemanfaatan secara simultan atau bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berperilaku dalam menggunakan e-journal Perpustakaan UB dengan nilai Fhitung > Ftabel (10,552 > 3,09) dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel persepsi kemanfaatan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berperilaku dalam menggunakan e-journal Perpustakaan UB. Sedangkan variabel persepsi kemudahan secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berperilaku dalam menggunakan e-journal Perpustakaan UB. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna e-journal masih belum merasakan adanya kemudahan dalam menggunakan layanan e-journal di Perpustakaan UB, semakin sulit e-journal digunakan maka semakin tidak adanya minat untuk menggunakaannya begitupun sebaliknya. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi pihak Perpustakaan Universitas Brawijaya untuk lebih memperkenalkan layanan e-journal di Perpustakaan Universitas Brawijaya kepada masyarakat khususnya para mahasiswa Universitas Brawijaya supaya layanan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal.