Peran Strategi City Branding Kota Batu Dalam Trend Peningkatan Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Studi Pada Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Batu)

Main Author: Intyaswono, Stephen
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118628/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi city branding Kota Batu yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Batu, serta untuk mendeskripsikan dampak penerapan strategi city branding Kota Batu terhadap trend peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara di Kota Wisata Batu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan dan menganalisis tentang implementasi strategi city branding Kota Batu yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata Kota Batu. Penelitian dilaksanakan di kantor Dinas Pariwisata, Jl. Sultan Agung no 5, Kota Batu. Teknik pengumpulan data dalam penelitan ini dilakukan melalui penelitian lapangan untuk mendapatkan informasi maupun data melalui wawancara, pengumpulan data kunjungan, dan dokumentasi yang dapat memberikan informasi yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Dengan potensi dan keunggulan di sektor pertanian, pariwisata, dan pendidikan, Kota Batu dapat memiliki identitas yang kuat sebagai kota wisata. Penggunaan brand Shining Batu adalah salah satu cara untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas, tiga sektor unggulan Kota Batu yang menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara. Sehingga dengan adanya Brand Shining Batu ini sebagai pengikat seluruh komponen dan lapisan masyarakat beserta pemerintah dalam mempromosikan Kota Batu sebagai Kota Wisata. Implementasi City Branding Kota Batu selama ini telah dilakukan dan memenuhi 3 sektor utama yaitu pertanian, pariwisata dan pendidikan. City Branding ini bukan hanya sebagai alat promosi saja. Namun juga sebagai pemersatu dan pengikat dari seluruh pihak-pihak yang berurusan dengan pariwisata Batu agar semakin meningkatkan kualitas jasa atau produknya dalam menarik wisatawan mancanegara untuk dapat mengunjungi Kota Batu. City Branding juga digunakan sebagai acuan standarisasi dari semua produk ataupun pelayanan yang diberikan di Kota Batu agar dapat bersaing di tingkat internasional.