Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan. (Studi pada Pelanggan Food and Beverage 8 Oz Coffe Studio Malang)
Main Author: | Yafie, AchmadSafrizal |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118611/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Latar belakang dari penelitian ini ialah terjadinya persaingan bisnis di bidang food and beverage sehingga mengharuskan pelaku usaha memberikan nilai lebih untuk memuaskan pelanggan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research atau penelitian penjeleasan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 orang yang merupakan pelanggan food and beverage 8 Oz Coffe Studio Malang. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan Kualitas Produk (X1) dan Kualitas Jasa (X2) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) hal ini dapat dilihat dari nilai (sig) F < α yaitu 0,000 < 0,05 serta nilai Adjusted R Square menunjukan angka sebesar 0,427 yang berarti bahwa variabel tersebut memberikan kontribusi sebesar 18,6% terhadap kepuasan pelanggan. Secara parsial hal ini dapat dilihat dari hasil uji t yang menunjukan bahwa variabel Kualitas Produk (X1) mempunyai tingkat signifikansi 0,010 < 0,05. Sedangkan variabel Kualitas Jasa (X2) mempunyai tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa secara parsial Kualitas Produk (X1) dan Kualitas Jasa (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).