Penyelenggaraan Pelayanan KTP Elektronik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Kediri

Main Author: Puspitasari, Dinda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118521/
Daftar Isi:
  • Penyelenggaran pelayanan KTP Elektronik ini sudah dilakukan sejak tahun 2012 hingga saat ini, namun pelayanan yang diberikan masih belum maksimal. Ada beberapa hal yang perlu untuk diperbaiki sehingga pelayanan yang diberikan kedepannya dapat berjalan dengan lebih baik lagi, mengingat bahwa memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat merupakan keharusan oleh penyelenggara pelayanan khususnya pelayanan KTP Elektronik, dalam hal ini adalah pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah mengenai penyelenggaraan pelayanan KTP Elektronik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Kediri dan mengenai faktor penghambat yang mempengaruhi pelayanan KTP Elektronik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan penyelengaraan pelayanan KTP Elektronik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kediri dan mengetahui serta mendiskripsikan faktor penghambat dalam proses penyelenggaraan pelayanan tersebut. Sumber data primer diambil melaui wawancara dan observasi langsung pada tempat penelitian serta instrument penelitian paling utama adalah peneliti sendiri. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari beberapa indikator pelayanan yang diteliti, masih ada bagian-bagian yang harus diperbaiki, yaitu mengenai kecepatan pelayanan jadwal penyelesaian pelayanan yang tidak konsisten, Mengenai sarana dan prasarana yang tersedia sudah cukup baik, namun karena terbatas jadi mengurangi kenyamanan pengguna ketika yang membutuhkan layanan banyak, belum adanya loket antrian juga belum ada arahan mengenai ruangan tempat pelayanan. Indikator lain seperti mekanisme pelayanan yang tidak berbelit-belit, kemampuan petugas dalam memberikan petugas dalam memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat sudah baik secara jelas, kesopanan dan keramahan petugas dalam memberikan layanan juga dapat dikatakan sangat baik. Sedangkan untuk faktor penghambat dalam penyelenggaraan tersebut antara lain dari faktor internal yaitu keterbatasan sumber daya manusia yang melakukan pelayanan, sedangkan faktor eksternal mengenai gangguan teknis dalam hal ini teknis pelayanan dan kurangnya optimalnya sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas, sehingga menyebabkan kesadaran masyarakat masih rendah. Saran atau masukan yaitu penambahan aturan mengenai batas waktu kecepatan pelayanan dan juga mengenai jadwal penyelesaian pelayanan sehingga masyarakat mendapat kepastian pelayanan dengan jelas. Memperbaiki sarana dan 9 prasarana yang ada sehingga masyarakat tidak perlu kebingungan mengenai ruang pelayanan yang ada pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Kediri, peningkatan Sumber Daya Manusia khususnya yang berkenaan dengan teknologi informasi, mengembangkan website Dispendukcapil Kabupaten Kediri sehingga masyarakat dapat mengakses segala bentuk informasi mengenai kependudukan dan pencatatan sipil serta dapat diajdikan sebagai alat sosialisasi yang ampuh mengenai pentingnya KTP Elektronik itu sendiri, serta yang terakhir mengenai pengembangan yang diarahkan bukan hanya pada e-Goverment saja namun juga pada I-Goverment agar penyelenggaraan negara semakin efektif dan efisien yang tentunya membutuhkan kerjasama yang sinergis antar stageholder.