Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Di Instagram Terhadap Minat Berkunjung Dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Hawai Waterpark Malang)
Main Author: | Widyanto, Alfian |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118409/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Electronic Word of Mouth di Instagram terhadap minat berkunjung; (2) pengaruh Electronic Word of Mouth di Instagram terhadap keputusan berkunjung; dan (3) pengaruh minat berkunjung terhadap keputusan berkunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (Explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah pengunjung Hawai Waterpark Malang. Sampel sebanyak 120 orang merupakan responden yang memutuskan berkunjung ke Hawai Waterpark setelah menerima informasi di Instagram. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebar kueisioner secara online. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa: (1) variabel Electronic Word of Mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel minat berkunjung (Z) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,669 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05); (2) variabel Electronic Word of Mouth (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung (Y) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,455 dan probabilitas 0,000 (p<0,05); dan (3) variabel minat berkunjung (Z) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung (Y) dengan koefisien jalur (β) sebesar 0,357 dan probabilitas 0,000 (p<0,05). Berdasarkan Hasil penelitian ini maka disarankan kepada pihak pengelola Hawai Waterpark untuk memberi perhatian khusus akan pentingnya peran e- WOM bagi pemasaran dan pemberian informasi. Selain itu juga diperlukan adanya peningkatan kuantitas fasilitas untuk dapat lebih memberi kenyamanan pada pengunjung. Lebih jauh kepada pemberi informasi (reviewer) yaitu pengunjung yang telah berpengalaman untuk lebih terbuka dan memudahkan akses orang lain yang ingin mengetahui informasi tentang Hawai Waterpark.