Pengaruh Service Marketing Mix terhadap Citra Merek dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei kepada Pengguna Armada Bus Pariwisata PO. Anto Wijaya Tour Ponorogo)

Main Author: Abidin, Feisal
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118396/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) pengaruh service marketing mix terhadap citra merek, (2) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, (3) pengaruh service marketing mix terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan atau explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi service marketing mix, citra merek dan keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah pengguna armada bus pariwisata PO. Anto Wijaya Tour. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analisys). Hasil analisis jalur (path analisys) menunjukkan bahwa (1) Variabel Service Marketing Mix(X) berpengaruh signifikan terhadap Variabel Citra Merek (Z), (2) Variabel Citra Merek (Z) berpengaruh signifikan terhadap Variabel Keputusan Pembelian (Y), (3) Variabel Service Marketing Mix (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya PO. Anto Wijaya Tour tetap mempertahankan Service Marketing Mix yang terbukti dapat menarik perhatian konsumen untuk menggunakan jasa transportasi wisata yang ditawarkan.