Implementasi Program Quick Wins dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia (Studi pada Badan Pertanahan Nasional / Kantor Agraria dan Tata Ruang Kota
Main Author: | Muntri, AnggunWahyuning |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118372/ |
Daftar Isi:
- Reformasi Birokrasi secara umum bertujuan meningkatkan kualitas pelayanan publik pada Masyarakat. Pemerintah sebagai public service harus mewujudkan tugas pelayanan yang prima dalam kinerja pemerintahannya. Sehubungan dengan pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik, BPN (Badan Pertanahan Nasional) dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanannya menetapkan program Quick Wins yang menyediakan pelayanan cepat kepada masyarakat. Tujuan 1) Untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana Implementasi Program Quick Wins di Badan Pertanahan Nasional/ Kantor Agraria dan Tata Ruang Kota Malang 2) Untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis Capaian program Quick Wins dalam Meningkatkan Pelayanan Publik 3) Untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Program Quick Wins di Badan Pertanahan Nasional/ Kantor Agraria dan Tata Ruang Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis Mixed Methods. Penelitian dilaksanakan di Badan Pertanahan Nasional Kota Malang, dimana fokus penelitian: 1) Implementasi Program Quick Wins Badan Pertanahan Nasional Kota Malang, a) aspek Struktur Organisasi, b) Aspek Interpretasi, c) Aspek penerapan, d) Aspek Sumber Daya Pelaksana, 2) Capaian program Quick Wins dalam meningkatkan pelayanan publik, 3) Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program Quick Wins Badan Pertanahan Nasional Kota Malang a) Internal, 1) faktor pendukung, 2) faktor penghambat b) eksternal 1) faktor pendukung, 2) faktor peghambat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi program Quick Wins di Kantor BPN Kota Malang tidak terlepas dari unsur unsur implementor itu sendiri dalam hal ini adalah seluruh sumber daya yang ada di Kantor BPN Kota Malang, yaitu adalah aspek Struktur organisasi, aspek interpretasi, aspek penerapan, aspek sumber daya pelaksana. Implementasi Program Quick Wins di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Malang telah berjalan optimal sesuai dengan tujuan program, hal ini ditunjukkan adanya Indeks Kepuasan Masayarakat yang baik. Faktor pendukung internal yaitu faktor pendukung berupa kebijakan penunjang, sarana prasarana, dukungan organisasional, sumber daya manusia, faktor penghambat yaitu sosialisasi program, keterbatasan pengambilan keputusan. Faktor eksternal yaitu faktor pendukung adalah sikap masyarakat dan faktor penghambatnya adalah keterbatasan mengakses website BPN. Saran dari penelitian ini adalah Perlu adanya sosialisasi dan perlunya perbaikan fasilitas fisik yang dimilki Kantor BPN Kota Malang.