Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Menginap Business Traveler di Hotel Bisnis (Studi pada Tamu Hotel Ibis Surabaya City Center)

Main Author: Molika, Enne
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118357/
Daftar Isi:
  • Mempromosikan sebuah produk adalah hal penting dalam sebuah bisnis, karena promosi memiliki dampak berkepanjangan dalam mendapatkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Bauran Promosi (X) terhadap keputusan menginap (Y) business traveler di Hotel Ibis Surabaya City Center, serta untuk mengetahui indikator pada variabel Bauran Promosi yang berpengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Menginap. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Objek pada penelitian ini adalah tamu bersifat Business Traveler yang menginap di Hotel Ibis Surabaya City Center. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan menggunakan rumus Machin Campbell dan mendapatkan sampel sebanyak 125 orang responden. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dengan menyebarkan angket kepada tamu yang sedang menginap di Hotel Ibis Surabaya City Center. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis sederhana yang diperoleh berdasarkan penelitian ini adalah variabel Bauran Promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Menginap dengan koefisien Beta sebesar 0,093 dengan angka probabilitas 0,000 (p<0,05). Variabel Bauran Promosi memiliki pengaruh signifikan dilihat dari ttabel > thitung yaitu 3,645>0,1757. Hasil yang diperoleh memiliki kesimpulan bahwa bauran promosi hotel memilik pengaruh sebesar 9,3% dalam mempengaruhi keputusan menginap business traveler di hotel bisnis dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini seperti, e-word of mouth, lingkungan, sosial, budaya, motivasi, dan kepuasan tamu. Oleh karena itu pihak Hotel Ibis Surabaya City Center sebaiknya melakukan kegiatan promosi melalui media ini.