Peran Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek)”

Main Author: Pambudi, GigihRilo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118353/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian pelayanan publik melalui SIAK ini tentunya agar pemerintah mampu melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan yang lebih baik di Kabupaten Trenggalek, serta melihat kemajuan apa yang telah dicapai oleh pemerintah daerah khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang administrasi kependudukan. Tentulah dengan adanya SIAK sebagai alat atau wadah Pemerintah Daerah di dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakatnya khususnya pelayanan administrasi kependudukan diharapkan dapat memberikan suatu terobosan yang bagus dalam memberikan pelayanan publik di Kabupaten Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini: (1) Bagaimana peran Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam peningkatan pelayanan Administrasi Kependudukan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam peningkatan pelayanan Administrasi Kependudukan? Tujuan penelitian ini: (1) Mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisis tentang peran Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam peningkatan pelayanan Administrasi Kependudukan (2) Mengetahui, mendiskripsikan, dan menganalisis, serta memaparkan faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam peningkatan pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data, wawancara, observasi, dan studi dokumen serta menggunakan analisis data kualitatif model interaktif (Miles, Huberman dan Saldana, 2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pelaksanaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) memenuhi beberapa point yaitu adanya dasar hukum yang mendasari pelaksanaannya, adanya sarana dan prasarana pendukung, dan waktu penyelesaian pelayanan yang nantinya akan viii menjadi tolak ukur keberhasilan SIAK. Serta dengan adanya mekanisme pelayanan administrasi kependudukan melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) tersebut akan memberikan kemudahan kepada penyedia layanan yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Trenggalek maupun penerima layanan yaitu masyarakat, sehingga dengan adanya sistem tersebut memberikan peningkatan terhadap pelayanan administrasi kependudukan. Faktor pendukung di dalam pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan melalui SIAK yaitu sarana dan prasarana yang memadahi serta adanya payung hukum. Sedangkan faktor penghambat yaitu jaringan komunikasi data dan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap tertib administrasi kependudukan. Maka peneliti dapat memberikan beberapa saran serta masukan antara lain adanya perbaikan jaringan komunikasi data dan setiap layanan yang telah diberikan harus sering disosialisasikan dan dijelaskan kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui tujuan, prosedur, serta persyaratan dalam pelayanan sehingga ada kesamaan tujuan antara penyedia dan penerima layanan, sehingga akan mampu mendorong suksesnya pelayanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.