City Branding “Shining Batu” Sebagai Upaya Pengembangan Image Kota Batu

Main Author: Setiawan, DhikaMaulanaArdy
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118318/
Daftar Isi:
  • Dalam penulisan skripsi ini, peneliti membahas mengenai City Branding “Shining Batu” sebagai upaya pengembangan image kota Batu. Pembangunan dan pengembangan image Kota Batu masih perlu ditingkatkan untuk menarik wisatawan, maka pemerintah Kota Batu melakukan rencana dan upaya-upaya untuk mengembangkan Kota Batu. Sehubungan dengan itu, pemerintah Kota Batu khususnya Dinas Pariwisata Kota Batu juga mengalami hambatan dalam upayanya membangun dan mengembangkan image Kota Batu. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengkaji lebih dalam mengenai upaya pemerintah Kota Batu dalam mengembangkan Image Kota Batu melalui City Branding “Shining Batu”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Fokus pertama penelitian ini tentang persepsi dan harapan masyarakat dengan adanya “Shining Batu”. Fokus kedua mengenai strategi Dinas Pariwisata Kota Batu dalam mempromosikan “Shining Batu”. Fokus ketiga berkaitan dengan faktor pendukung dan penghambat dalam mempromosikan “Shining Batu”. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model interaktif Milles, Huberman dan Saldana. Penelitian ini menunjukkan bahwa daya tarik pengunjung Kota Batu semakin meningkat tiap tahunnya dari tahun 2011 sampai 2015, hal ini menunjukkan bahwa City Branding “Shining Batu” dapat mengembangkan image Kota Batu melalui upaya-upaya yang dilakukan pemerintah Kota Batu. Di samping itu, masih ada hambatan-hambatan yang mengganggu upaya pemerintah Kota Batu dalam mengembangkan image Kota Batu melalui “Shining Batu”. Rekomendasi yang dapat peneliti ajukan terhadap Pemerintah Kota Batu serta pihak yang memiliki kewenangan utamanya Dinas Pariwisata Kota Batu, bahwa dalam mengembangkan image Kota Batu perlu adanya strategi-strategi baru yang kreatif dalam mempromosikan Kota Batu dan meminimalisir hambatan yang ada, serta mendengarkan dan mengimplementasikan persepsi dan harapan masyarakat untuk dijadikan tolak ukur kesuksesan. Hal ini bertujuan agar pengembangan image Kota Batu melalui City Branding “Shining Batu” dapat berjalan dengan lancar.