Implementasi Program Larasita Dalam Sistem Informasi Manajemen Pertanahan (Simtanas) Untuk Mewujudkan Pelayanan Yang Prima Dibidang Pertanahan (Studi Pada Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pasuruan)

Main Author: Agustiningsih, Novi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/118288/
Daftar Isi:
  • Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Pasuruan adalah salah satu kantor yang menjalankan salah satu program Inovasi yang sudah dibuat oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia. Yang dimana program LARASITA ini dapat disebut dengan Kantor Pertanahan yang berjalan, karena LARASITA ini sistemnya jemput bola. Tim LARASITA mendatangi masyarakat yang akan mengurus sertipikasi tanahnya sesuai dengan informasi yang di dapat dan permohonan dari masyarakat. Teori yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut peneliti menggunakan teori Administrasi Publik ,Implementasi , Program, pelayanan Prima, kebijakan Publik, e- Government SIMTANAS dan LARASITA. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Lokasi penelitian yang dilakukan di Kabupaten Pasuruan dan situs penelitianya berada di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian implementasi Program LARASITA dalam Sistem Informasi Manajemen Pertanahan(SIMTANAS) untuk mewujudkan pelayanan yang prima di bidang pertanahan pada badan Pertanahan Kabupaten Pasuruan dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari Sumber kebijakan yang sangat tepat, Aktor pelaksana yang baik, jalinan komunikasi yang baik serta fasilitas yang memadai. Program LARASITA ini bertujuan untuk mendekatkan layanan pertanahan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan pelayanan dan informasi pertanahan ,meskipun masih ada kendala. Saran buat kedepanya untuk Program LARASITA pada Kantor BPN Kabupaten Pasuruan agar memperbarui fasilitas yang mendukung dalam pelaksanaannya, seperti pengadaan teknologi informasi secara online, selain itu pelatihan- pelatihan yang terkait dengan Program LARASITA ini agar diperbarui. Sehingga peningkatan pelayanan sertipikasi ini semakin baik.