Strategi Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Kb-Samsat) Dalam Menciptakan Pelayanan Prima (Studi Pada Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan Di Mojokerto)
Main Author: | Syahyogo, RizkyCatur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118234/1/SKRIPSI_FULL.pdf http://repository.ub.ac.id/118234/ |
Daftar Isi:
- Pemberian pelayanan prima kepada masyarakat merupakan perwujudan kewajiban aparatur pemerintah sebagai abdi masyarakat. Selama ini pelayanan publik mendapatkan tanggapan yang negatif dari masyarakat. Masyarakat menilai bahwa pelayanan publik identik dengan berbelit-belit, lama, mahal, dan kaku. Masyarakat lebih menginginkan suatu penyelenggaraan pelayanan yang prima. Oleh karena itu, diperlukan suatu strategi dari Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (KB-SAMSAT) yang merupakan instansi penyelenggara pelayanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat memenuhi kebutuhan wajib pajak dan meningkatkan kepercayaan wajib pajak pada Samsat serta mencapai tujuan dari system pelayanan terpadu Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan oleh KB-SAMSAT Mojokerto dalam menciptakan pelayanan yang prima dan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan prima pelayanan pajak kendaraan bermotor yang dilaksanakan oleh KB-SAMSAT Mojokerto. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan penelitian dalam penelitian ini adalah 1 orang Kepala UPTD Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur Mojokerto sebagai informan kunci, 1 orang Kepala Administrasi Pelayanan KB-SAMSAT Mojokerto dan 2 orang petugas pelayanan pajak kendaraan bermotor serta 5 orang wajib pajak sebagai informan pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) untuk menciptakan pelayanan pajak kendaraan bermotor yang prima, KB-SAMSAT Mojokerto menerapkan beberapa strategi, yakni: strategi inti, strategi konsekuensi, strategi pelanggan, strategi pengawasan, dan strategi budaya. (2) pelayanan pajak kendaraan bermotor di KB-SAMSAT Mojokerto sudah cukup baik apabila ditinjau dari indikator kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggungjawab, kelengkapan, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan, dan keramahan, serta kenyamanan. (3) Di dalam upaya menciptakan pelayanan yang prima tersebut Kantor Bersama Samsat Mojokerto menemui beberapa kendala, yakni: pengetahuan wajib pajak terhadap program Samsat Unggulan. Jumlah Sumber Daya Manusia, sistem Antrian manual. Adapun saran kepada KB-SAMSAT Mojokerto untuk Lebih menggalakkan kegiatan sosialisasi baik itu melalui media cetak, media elektronik, maupun sosialisasi langsung sampai ke tingkat desa. Menggunakan alat antrian berbasis teknologi demi menciptakan ketertiban dalam pelayanan.