Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studi pada perusahaan PT Kaltim Prima Coal)
Main Author: | HalomoanIulandoSiregar, Yosua |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118228/ |
Daftar Isi:
- PT Kaltim Prima Coal merupakan salah satu perusahaan batubara terbesar di Indonesia, yang berlokasi di Sangata, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Salah satu tujuan perusahaan yaitu menjadi produsen batubara yang berdaya saing tinggi yang produknya diminati oleh konsumen, sehingga dibutuhkan strategi dalam melakukan pemasaran agar dapat meningkatkan penjualan perusahaan serta bersaing dengan pesaing baik dari dalam negeri maupun luar negeri dan meningkatkan volume penjualan yang tidak stabil. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui peluang dan ancaman, kekuatan dan kelemahan dalam melakukan ekspor (2) Mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan, dan (3) Menganalisis strategi yang tepat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan volume penjualan ekspor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekata kualitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, dan Threats), dengan matriks EFAS, IFAS, IE, dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Kaltim Prima Coal menggunakan strategi STP dan bauran pemasaran dalam pemasarannya. Melalui analisis SWOT, diketahui bahwa kekuatan terbesar perusahaan terletak pada kualitas produk yang dimiliki PT Kaltim Prima Coal terjamin, sedangkan kelemahan terbesar perusahaan adalah tuntutan memenuhi target penjualan. Peluang terbesar perusahaan adalah permintaan pasar pasar tinggi di Asia, sedangkan ancaman untuk perusahaan adalah pesaing dari Cina dan Amerika dengan produk sejenis. Alternatif strategi yang dapat digunakan perusahaan yaitu mempertahankan dan memanfaatkan macam produk, kualititas produk, dan pelayanan penjualan yang dimiliki perusahaan untuk memasuki pasar baru dan menjaga kepercayaan konsumen, mempertahankan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan, memanfaatkan dermaga dan sarana bongkar muat dengan maksimal untuk melakukan eksportasi, terus melaksanakan promosi, melakukan riset pasar, mempererat hubungan antara produsen dengan konsumen, menambah kapasitas produksi perusahaan, dan memperluas lahan tambang untuk di eksplor. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu strategi yang telah diterapkan PT Kaltim Prima Coal sudah cukup baik, akan tetapi untuk keberlangsungan kegiatan ekspor perusahaan, perlu ditingkatkan lagi dengan beberapa alternatif strategi yang telah dirumuskan berdasarkan visi, misi, analisis internal dan eksternal perusahaan.