Analisis Strategi Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (Ukm) Kampung Kopi Luwakmas Sebagai Destinasi Wisata Kabupaten Kediri
Main Author: | Abadi, BayuCatur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118203/ |
Daftar Isi:
- Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kampung Kopi Luwakmas merupakan salah usaha yang memproduksi kopi luwak asli Kabupaten Kediri. UKM Kampung Kopi Luwakmas memiliki potensi bisnis sebagai destinasi wisata Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan dua rumusan masalah, yaitu (1) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam pengembangan UKM Kampung Kopi Luwakmas sebagai destinasi wisata Kabupaten Kediri? (2) Bagaimana penerapan strategi pengembangan yang dilakukan oleh UKM Kampung Kopi Luwakmas sebagai destinasi wisata Kabupaten Kediri. Sumber data diperoleh dari informan, observasi, dokumen dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Faktor penghambat internal dalam pengembangan UKM Kampung Kopi Luwakmas yaitu sumber daya manusia, harga dan pemasaran sedangkan faktor penghambat eksternalnya yaitu sumber daya manusia, lokasi dan transportasi. Faktor pendukung internal dalam pengembangan UKM Kampung Kopi Luwakmas yaitu potensi dan pemasaran sedangkan faktor pendukung eskternalnya yaitu sosial budaya, pelatihan, visi misi dan branding. Strategi pengembangan UKM Kampung Kopi Luwakmas sebagai destinasi wisata Kabupaten Kediri dengan melakukan kegiatan seperti pelatihan, pameran, perijinan, sertifikasi, pemasaran, kualitas produk, perencanaan, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan uraian, peneliti memberi rekomendasi yaitu pengelola UKM Kampung Kopi Luwakmas melakukan suatu promosi melalui media sosial ataupun dengan mengadakan suatu event yang diselenggarakan setiap tahun yang nantinya menjadi agenda bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kediri.