Pengaruh Country of Origin dan Price Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Xiaomi di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina)
Main Author: | SatriaUtamaP, Andi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118168/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengenai pengaruh country of origin dan price terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini ialah country of origin dan price, sedangkan variabel terikat yang digunakan adalah keputusan pembelian. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah smartphone yang berasal dari China yaitu Xiaomi. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Xiaomi yang pernah membeli atau sedang menggunakan smartphone Xiaomi khususnya yang berdomisili di Indonesia, Malaysia, Singapura dan Filipina. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 112 orang. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan quota sampling, proporsi responden pada masing masing negara ditentukan dengan cara membagi keseluruhan jumlah sampel dengan banyaknya negara. Pengempulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner elektronik (google form) yang disebarkan via internet melalui forum online dan media sosial. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan uji ANOVA. Hasil yang diperoleh dala penelitian menunjukkan bahwa variabel country of origin dan price memiliki pengaruh yang signifikan baik secara simultan dan parsial terhadap variabel keputusan pembelian. Country of origin memiliki pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian, hal tersebut menunjukkan konsumen Xiaomi dari keempat negara sensitif terhadap negara asal suatu produk. Konsumen Xiaomi menganggap bahwa negara China memiliki citra yang positif. Berdasarkan uji ANOVA konsumen dari keempat negara tidak memiliki perbedaan persepsi mengenai country of origin dan price.