Pengaruh Social Media Advertising Terhadap Word Of Mouth dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Cafe Mochimaco Malang yang Menggunakan Instagram)
Main Author: | Prakoso, Ario |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118147/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan meganalisis pengaruh social media advertising terhadap word of mouth, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh social media advertising terhadap keputusan pembelian konsumen, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh informasi word of mout terhadap keputusan pembelian konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang diteliti meliputi social media advertising, word of mouth, dan keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah konsumen Cafe Mochimaco Malang yang menggunakan situs jejaring sosial Instagram. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan instrumen penelitian kuesioner. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu konsumen yang sedang berada di Cafe Mochimaco Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analisis). Hasil analisis jalur (path analisis) menunjukkan bahwa (1) social media advertising (X) berpengaruh signifikan terhadap word of mouth (Z) dengan nilai beta sebesar 0,356, (2) social media advertising (X) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,257, (3) word of mouth (Z) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai beta sebesar 0,376. Hasil tersebut membuktikan bahwa upaya social media advertising yang dilakukan pihak Mochimaco menimbulkan pengaruh positif terhadap word of mouth dan keputusan pembelian konsumen, sehingga pihak Mochimaco dapat mengambil keputusan untuk meningkatkan upaya tersebut.