Intensifikasi dan Ekstensifikasi Pemungutan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Daerah (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang)
Main Author: | Tuah, SutanMangarah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118137/ |
Daftar Isi:
- Realisasi penerimaan Pajak Reklame di Kota Malang mulai tahun 2012- 2015 setiap tahunnya mengalami peningkatan, namun dalam persentasenya mengalami fluktuasi. Peningkatan ini perlu didukung dengan regulasi yang baik agar mampu meningkatkan kontribusi Pajak Reklame terhadap Pajak Daerah di Kota Malang. Meningkatnya penerimaan Pajak Reklame didukung dengan pelaksanaan intensifikasi dan ekstensifikasi Pemungutan Pajak Reklame. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi, efektivitas, dan potensi Pajak Reklame terhadap Pajak Daerah Kota Malang serta untuk mengetahui pelaksanaan intensifikasi dan ekstensifikasi dalam pemungutan Pajak Reklame di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen yang diperoleh dari Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan intensifikasi dan ekstensifikasi dalam pemungutan Pajak Reklame di Kota Malang sudah berjalan dengan baik. Intensifikasi pemungutan Pajak Reklame yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang yaitu dengan cara: (1) memperkuat proses pemungutan; (2) meningkatkan pengawasan; (3) menjalin kerjasama dengan pihak terkait; dan (4) meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Ekstensifikasi pemungutan Pajak Reklame yang dilakukan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang yaitu dengan cara sosialisasi dan penyuluhan. Realisasi penerimaan Pajak Reklame di Kota Malang selalu meningkat setiap tahun. Kontribusi penerimaan Pajak Reklame terhadap penerimaan Pajak Daerah di Kota Malang masih tergolong sangat kurang. Hal ini dikarenakan realisasi penerimaan Pajak Daerah secara keseluruhan juga meningkat setiap tahunnya. Efektivitas penerimaan Pajak Reklame tergolong dalam kriteria sangat efektif. Hal ini dikarenakan realisasi penerimaan Pajak Reklame selalu mencapai target yang ditetapkan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang. Saran peneliti kepada Dinas Pendapatan Daerah Kota Malang adalah (1) penyesuaian tarif Pajak Reklame untuk meningkatkan kontribusi penerimaan (2) perencanaan dan pengawasan yang lebih baik dalam pelaksanaan intensifikasi dan ekstensifikasi terhadap beberapa Objek Pajak Reklame yang tidak memenuhi target penerimaan.