Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen (Survey terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Toyota di Universitas Brawijaya Malang)
Main Author: | CarolineRM, Cory |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/118096/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen yang terdiri dari variabel product (produk), price (harga), place (tempat),dan promotion (promosi), secara simultan dan mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian yang digunkan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 116 responden yang telah menggunakan kendaraan merek Toyota. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas) dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis koefisien determinasi diperoleh hasil Rsquare (koefisien determinasi) sebesar 0,522 artinya bahwa 52,2% variabel kepuasan konsumen (Y) dipengaruhi oleh varibael kualitas pelayanan yang terdiri dari product (X1), price (X2), place (X3), dan promotion (X4), sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas di dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa variabel produk, harga, lokasi, dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t juga menunjukan bahwa variabel lokasi mempunyai nilai t hitung dan koefisien beta yang paling besar. Sehingga variabel lokasi mempunyai pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya maka variabel lokasi mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan kendaraan merek Toyota. Nilai Adjusted R Square pada penelitian ini sebesar 0,522. Artinya bahwa 52,2% variabel Kepuasan Konsumen akan dipengaruhi oleh variabel bebasnya, yaitu Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), dan Promosi (X4). Sedangkan sisanya 47,8% variabel Kepuasan Konsumen akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.