Daftar Isi:
  • CV. Variasi merupakan salah satu CV. yang bergerak pada bidang industri jasa otomotif. CV. ini memberikan jasa perbaikan dan pemasangan sebagai pelayanan utamanya. Karena semakin tinggi intensitas penggunaan kendaraan bermotor di Indonesia, jasa perbaikan dan pemasangan yang menjadi jasa utama dari CV. Variasi diproduksi sepanjang tahun. Tingkat kepuasan pelanggan bengkel dapat diwujudkan jika performansi dan hasil pelayanan mampu memuaskan pelanggan. Berdasarkan data yang di peroleh untuk pelayanan salon mobil ditemukan beberapa pemborosan yang terjadi berdasarkan jumlah pelayanan sehingga menurunkan kualitas jasa tersebut. Maka dari itu perlu di lakukan upaya untuk menemukan pemborosan – pemborosan lainnya yang terjadi pada jasa secara lebih detail untuk di minimasi. Pada penelitian ini dilakukan penggambaran Value Stream Mapping untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan terjadi, berapa lama waktu yang di butuhkan untuk setiap proses dan dimana saja pemborosan muncul. Tahap selanjutnya adalah melakukan perhitungan Defect per Million Opportunities terhadap jenis – jenis pemborosan yang terjadi sehingga mampu mengetahui jumlah level sigma di setiap pemborosan. Langkah terakhir adalah mencari akar penyebab masalah tersebut menggunakan fishbone diagram. Berdasarkan hasil perhitungan terdapat 2 jenis pemborosan yang terjadi yaitu defect dan waiting dengan masing masing nilai level sigma sebesar antara 3,25 hingga 3,66 untuk defect dan 1,813 untuk waiting. Selanjutnya, berdasarkan fishbone diagram di dapatkan akar penyebab masalah seperti metode pengecatan yang kurang benar, kesalahan dalam komposisi pencampuran cat, perbedaan informasi keadaan kendaraan dari pelanggan dengan keadaan kendaraan secara nyata, kekurangtelitian pekerja dalam melakukan proses, kerusakan mesin kompresor yang tidak dapat di prediksi, pencahayaan yang kurang pada area pelayanan dan lain sebagainya. Sehingga dibutuhkan rekomendasi perbaikan seperti penambahan jumah pekerja untuk memperkecil waktu pelayanan sehingga jumlah antrian akan berkurang, penambahan pencahayaan pada area pelayanan berserta peralatan tambahan untuk pencahayaan seperti senter untuk menjangkau bagian – bagian tertentu, dan pembuatan penjadwalan dan checklist untuk maintenance mesin kompresor.