Kualitas Pelayanan Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Kediri)
Main Author: | Yulindaningtyas, Devi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117941/ |
Daftar Isi:
- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kediri sebagai instansi Pemerintah Kota Kediri yang menyelenggarakan layanan kependudukan tentu saja harus bisa melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, sehingga tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik. Untuk itu dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kediri perlu dilakukan penilaian dari masyarakat agar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kediri mampu mencapai pelayanan yang memuaskan. Penilaian tersebut meliputi dari Penilaian Proses Pelayanan, Penilaian Sumber Daya Manusia (SDM) dan Penilaian Sistem Pelayanannya, yang menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat. Permasalahan yang diangkat pada penulisan kali ini adalah Bagaimana kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan kendala-kendala yang dihadapi selama proses pelayanan pada masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri. Dari data yang ada diperoleh Kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri sudah baik dengan nilai IKM 74,124 dan jumlah total nilai unsur pelayanan sebesar 41,76, namun untuk Prosedur operasional standar terlalu rumit sehingga perlu di permudah lagi. Kendala-kendala yang di hadapi selama memberikan proses pelayanan kepada masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kediri adalah kurangnya petugas layanan sehingga ini menghambat kepastian jadwal pelayanan, disamping itu juga kurang disiplinnya petugas pelayanan, kepastian jadwal pelayanan dikarenakan tidak bisa dipastikannya kapan hasi ldari pelayanan itu dapat dinikmati dan diperoleh masyarakat, Kepastian biaya pelayanan sebagai kendala eksternal karena sampai saat ini ternyata masih merupakan suatu kendala yang dirasakan bagi pelanggan, meskipun dalam kategori “Memuaskan