Analisis Sistem dan Prosedur Pembelian Barang Lokal dan Pengeluaran Kas Dalam Upaya Peningkatan Pengendalian Intern (Studi pada PT. PG Rajawali I Unit PG. Krebet Baru Malang
Main Author: | Septyansari, Dita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/117920/ |
Daftar Isi:
- Sistem akuntansi memainkan peranan penting untuk menghasilkan informasi bagi para penggunanya. Salah satu sistem yang dimiliki perusahaan adalah sistem pembelian dan pengeluaran kas. Pembelian adalah kegiatan memperoleh sumber daya berupa barang dan jasa yang kemudian dilanjutkan dengan pengeluaran kas. Kas adalah harta yang paling mudah untuk dihilangkan, sehingga perusahaan memerlukan pengendalian intern yang baik agar terhindar dari hal-hal yang merugikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem dan prosedur pembelian barang lokal dan pengeluaran kas pada PG. Krebet Baru Malang dan peran sistem-sistem tersebut dalam mendukung pengendalian intern perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Fokus pada penelitian ini adalah fungsi-fungsi yang terkait dengan sistem dan prosedur pembelian dan pengeluaran kas, dokumen dan catatan yang digunakan, jaringan prosedur yang membentuk sistem pembelian dan pengeluaran kas, serta unsur pengendalian intern yang meliputi struktur organisasi, prosedur pencatatan, praktik yang sehat, dan karyawan yang mutunya sesuai dengan tanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa sistem dan prosedur pembelian barang lokal dan pengeluaran kas sudah baik dalam menunjang pengendalian intern perusahaan. Namun masih terdapat beberapa kelemahan antara lain tidak adanya bagian akuntansi pada sistem dan prosedur pembelian barang lokal, kurangnya rangkap dokumen untuk bagian tertentu, dan tidak ada jurnal pembelian dan pengeluaran kas. Beberapa saran dari peneliti adalah sebaiknya menambahkan bagian akuntansi dalam sistem dan prosedur pembelian barang lokal, menambah rangkapan dokumen-dokumen yang digunakan, dan membuat jurnal pembelian dan pengeluaran kas.