Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal

Main Author: Naibaho, Andreas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117907/3/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/117907/4/BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/117907/5/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/117907/6/BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/117907/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/117907/
Daftar Isi:
  • Kondisi perekonomian Indonesia yang terus berkembang, menimbulkan persaingan usaha yang semakin ketat, berdasarkan data evaluasi yang diterbitkan oleh Bank Indonesia kondisi perekonomian Domestik pada tahun 2012 mengalami penurunan pertumbuhan dari tahun sebelumnya, dari 6,2% pada tahun 2012 menjadi 5,7% pada tahun 2013. Sektor property and real estate sebagai salah satu sektor industri yang mempunyai tingkat pertumbuhan yang tinggi selain membutuhkan modal yang cukup dalam menjalankan kegiatan operasionalnya juga berusaha untuk meningkatkan nilai perusahaan dan kemakmuran pemiliknya. Oleh karena itu manajer sebagai roda perusahaan harus memutuskan sebuah keputusan. Salah satu keputusan penting yang dihadapi manajer perusahaan dalam kaitannya dengan kegiatan operasional perusahaan adalah keputusan pendanaan. Keputusan pendanaan yang baik dari suatu perusahaan dapat dilihat melalui struktur modal. Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur modal dalam penelitian ini yang juga sebagai variabel independen adalah Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Struktur dan Ukuran Perusahaan dari total aktiva. Struktur Modal sebagai variabel dependen. Sumber data yang digunakan ialah data sekunder berupa laporan keuangan dan ICMD. Hasil penelitian yang telah dilakukan dengan 4 variabel independen dalam pengaruhnya terhadap struktur modal menunjukkan bahwa 2 variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap struktur modal yaitu variabel Pertumbuhan Penjualan dan Struktur Aktiva, sedangkan 2 variabel lainnya yaitu Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Modal. Manajer perusahaan perlu mempertimbangkan variabel-variabel yang mempengaruhi struktur modal, dalam hal ini Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva dan Ukuran perusahaan. Khususnya untuk variabel Pertumbuhan Penjualan dan Struktur Aktiva karena dua variabel ini terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur modal perusahaan. Bagi investor maupun kreditur dalam menginvestasikan dana kepada perusahaan hendaknya selalu mempertimbangkan segala aspek yang dimiliki oleh perusahaan dengan lebih detail, karena akan berhubungan dengan kemampuan perusahaan dalam melunasi bebannya