Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi pada nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor C

Main Author: Laksana, GigaBawa
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117840/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI), sedangkan sampel yang diambil adalah 100 responden dengan kriteria belum menggunakan mobile banking akan tetapi tahu dan mengerti akan layanan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko dan persepsi kesesuaian terhadap minat menggunakan mobile banking, baik pengaruhnya secara individu (parsial) maupun bersama-sama (simultan). Hasil penelitian dengan uji t menunjukkan bahwa variabel persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko dan persepsi kesesuaian secara terpisah (parsial) berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking. Hal ini terjadi karena seluruh variabel bebas (persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko dan persepsi kesesuaian) memiliki nilai thitung yang lebih besar dari ttabel atau dengan kata lain nilai signifikansi t (parsial) lebih besar dari α = 0,05, sedangkan yang memiliki pengaruh paling dominan adalah persepsi kesesuaian karena memiliki nilai koefisien beta dan t hitung paling besar yaitu 0,376 untuk nilai koefisien beta dan 4,115 untuk t hitung. Hasil uji F juga menunjukkan bahwa variabel persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko dan persepsi kesesuaian secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan mobile banking dengan nilai Fhitung sebesar 26,142, nilai tersebut lebih besar daripada vii Ftabel yang hanya sebesar 2,467. Besarnya pengaruh variabel persepsi kemanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi resiko dan persepsi kesesuaian terhadap minat menggunakan mobile banking adalah sebesar 50,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.