Analisis Dan Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Business Process Improvement (BPI) Pada UB Guest House

Main Author: Putra, Raditya Rizky
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/11784/
Daftar Isi:
  • UB Guest House merupakan salah satu unit usaha Universitas Brawijaya yang berada di bawah tanggungjawab Rektorat Universitas Brawijaya. Dalam proses bisnis yang dijalankan, terdapat beberapa potensi permasalahan yang dapat mengganggu untuk mencapai visi dan misi yang telah ditentukan. Pelayanan yang tidak maksimal, sistem yang tidak terintegrasi, aktivitas yang berbelit dan memerlukan waktu lama serta administrasi dan pengarsipan yang kurang baik, hal tersebut merupakan permasalahan yang ditemukan pada proses bisnis yang berjalan. Diperlukan analisis dan evaluasi untuk mengatasi permasalahan tersebut serta dilakukan perbaikan proses bisnis agar dapat memaksimalkan proses bisnis yang terjadi Penelitian ini menggunakan diagram Business Process Modeling and Notation (BPMN) sebagai pemodelan proses bisnis utama yang berjalan dan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk menganalisis dan evaluasi proses bisnis serta metode Business Process Improvement (BPI) untuk melakukan perbaikan. Dari hasil simulasi yang dilakukan pada proses bisnis saat ini (as is) dan proses bisnis rekomendasi (to be) pada pemesanan dan check-in kamar & ruangan, pemesanan makanan (food & beverage) serta check-out kamar dan ruangan ditemukan bahwa peningkatan pada time analysis dapat mencapai 30.15%. Selain itu jika proses bisnis rekomendasi diterapkan pada UB Guest House, diharapkan dapat meminimalisir permasalah yang terjadi sesuai dengan hasil analisis dan evaluasi yang telah dilakukan. Sehingga disimpulkan, proses bisnis rekomendasi (to be) dapat meningkatkan pelayanan terhadap tamu dan aktivitas yang berjalan semakin efektif dan efisien.