Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian

Main Author: Fahruddin, FahmiAgus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/117814/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh varibel Atribut Produk yang terdiri dari Merek (X1), Kemasan (X2), Jaminan (X3), dan Pelayanan (X4) , secara bersama-sama dan parsial terhadap Keputusan Pembelian (2) variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Malang Plasa yang membeli smartphone Samsung Seri Galaxy dan sebanyak 116 orang responden dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabelvariabel dalam konsep Atribut Produk yang terdiri dari Merek (X1), Kemasan (X2), Jaminan (X3), dan Pelayanan (X4) secara bersama -sama dan secara parsial mempunyai pengaruh positif dan hubungan yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara bersama-sama nilai sig.F 0,000. Sedangkan secara parsial variabel Merek (X1) menunjukkan nilai sig t sebesar 0,007. Kemasan (X2) menunjukkan nilai sig t sebesar 0,002. Variabel Jaminan (X3) menunjukkan nilai sig t sebesar 0,000. Variabel Pelayanan (X4) ) menunjukkan nilai sig t sebesar 0,000 Diketahui juga variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap variabel Struktur Keputusan Pembelian (Y) adalah variabel Jaminan (X3) Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa variabelvariabel yang terdapat dalam atribut produk secara simultan dan parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Variabel Jaminan (X3) merupakan varibael yang berpengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y)