Pendekatan Scp (Sructure-Conduct-Performance) Untuk Menganalisis Sistem Pemasaran Ikan Laut Di Wilayah Pesisir Desa Kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo Jawa Timur
Main Author: | Rahman, Tafana Baiti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/11777/ |
Daftar Isi:
- Marjin pemasaran merupakan bagian dari indikator penampilan pasar (market perfromance) dan salah satu analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui sistem pemasaran adalah analisis SCP (Structure-Conduct-Performance). SCP (Structure-Conduct-Performance) digunakan untuk mengetahui sistem pemasaran yang bersifat komplek. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis struktur pasar ikan laut di Desa Kilensari, untuk menganalisis perilaku pasar ikan laut di Desa Kilensari, untuk menganalisis penampilan pasar ikan laut di Desa Kilensari. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling jenuh dan Gay dan Diehl. Data dianalisis menggunakan analisis faktor dan analisis deskriptif dengan bantuan softwareMicrosoft excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan SCP (Structure-Conduct-Performance) menunjukkan adanya keterkaitan antara struktur pasar dengan perilaku pasar tapi tidak dengan penampilan pasar. Struktur pasar yang terbentuk adalah pasar yang tidak kompetitif karena adanya hambatan masuk keluar pasar dan persebaran informasi pasar yang tidak merata sehingga mempengaruhi perilaku pasar karena terdapat penentuan harga dan penerima harga yan tidak sesuai dengan pasar persaingan sempurna yaitu antara penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga.